Selasa, 04 Desember 2012

Modifikasi kijang doyok

Satu lagi mobil keluarga paling laris dipasaran Indonesia asal pabrikan Toyota Corp. dari Jepang sana yaitu jenis minibus yang diberi nama Kijang. 

kijang doyokSampai posting ini ditulis yang namanya keturunan si Kijang masih merajai jalanan di seluruh Indonesia baik itu di kota-kota maupun di desa-desa. Telinga kita sudah tidak asing lagi dengan slogannya yaitu "Kijang memang tak ada duanya". Walah...malah promosi nih....padahal nggak dapat komisinya. Okelah kalau begitu mari kita lanjutkan....
modifikasi kijang doyokMengenai judul posting saya diatas tentang "Modifikasi Kijang Doyok tahun 1981" bukan berarti membahas kijangnya Pak Doyok (Pelawak yang sudah terkenal) itu ya? Untuk daerah pantura di Jawa Tengah atau mungkin juga di Pulau Jawa sebutan untuk "simbahnya Kijang" ini kebanyakan dari mereka menyebut kijang doyok yaitu Kijang buatan tahun 1980 sampai 1983 dengan ciri-ciri moncong depannya agak sedikit pendek dibandingkan Kijang Buaya buatan tahun 1984 sampai tahun 1986 yang merupakan cikal bakal Kijang Super ( 1986 sampai 1992.
modifikasi kijang doyokNggak usah disebutkan satu persatu ya bro...kita bahas saja sesuai dengan judul diatas, untuk Kijang Doyok ini memang terkenalbandel sekali mesin dan chasisnya dan merupakan pesaing berat bagi Mitsubishi T-120 untuk jenis pick up nya pada jaman itu. Sampai sekarang pun kita masih menjumpai Kijang Doyok berkeliaran di jalanan sambil bawa muatan , biasanya mengangkut peralatan untuk hajatan atau bahan bangunan. Dan terlihat masih begitu kokoh dan tangguh dijalanan. Dari pengalaman ketangguhan mesin Toyota ini maka terinspirasilah modifikator ini untuk memodifikasi Toyota Kijang nya agar terlihat keren di jalanan. Dengan sedikit kanibal dari berbagai spare part dan aksesoris berbagai macam mobil seperti :
modifikasi kijang doyoklampu sein front/rear Mercedes ge, stop lamp milik Daihatsu taruna, jangkar kap motor willys, spion toyota fj40, semua baut body mengunakan baut L, bumper custom,  roof rack custom, over fender custom, buster rem toyota coronainterior kulitjok oscar abu dan hitam, jok belakang tambahan custom, panel dashboard custom, front shockbreaker merk KYB, rear shockbreaker merk Rancho, dan folding shovel military. Ban juga tidak luput diganti dueler a/t dengan ring 15" sehingga tampak lebih tinggi dan gagah seperti Mercy Hummer untuk off road.
modifikasi kijangDari spesifikasi diatas tentunya tidak sedikit dana yang dikeluarkan untuk mendapatkan hasil yang maksimal demi kepuasan dan tentunya ini yang tidak bisa ditebus dengan uang yang tidak sedikit. Memang sekali lagi kami tegaskan bahwa untuk memodifikasi mobil klasik antik kesayangan kita karena itu suatu kenangan untuk diri kita, perlu pengorbanan yang tidak sedikit dan waktu yang lama juga, seperti restorasi Accord tahun 1980 milik klien kami yang berada jauh di Singapura, serta modifikasiVW Dobel kabin kami, VW Kombi Brasil kenangan kami serta Hijet 1000 yang merupakan mobil teririt yang sekarang kami jadikan kaki untuk jalan.
kijang doyok modifikasiSemoga foto-foto diatas bisa menginspirasikan kita semua untuk lebih kreatif dan inovatif dalam dunia otomotif. Sebagai anak Bangsa Indonesia kita bangga karena banyak saudara kita yang mampu berkarya dan menjadi yang terbaik di dunia Internasional, seperti berita terhangat mengenai "Mobil Dinas Wali kota Solo, Pak Joko Wi" yang memakai mobil hasil karya anak-anak SMK di Solo sana dan akan mensosialisasikan untuk kalangan Pemda Kota Solo. Kami bangga pada mereka dan kami siap membantu mempromosikan hasil karya mereka. Salam restorasi dan modifikasi !!

1 komentar: